Grebeg Sekaten di Jogja

Sekitar Pukul 9 pagi saya bersiap pergi ke alun-alun utara untuk melihat acara Grebeg Sekaten. Saya kesana bareng sama pacar saya. Sekitar 15 menit sampai alun-alun, wuuiiihh..... sudah ruame buanget. Jalan masuk udah macet, Tempat parkir penuh semua, di jalan penuh dengan orang berjalan sama motor-motor dan mobil macet karena tidak bisa maju dan mundur. Bingung mau gimana, hampir putus asa mau pulang lagi tapi sayang udah nyampe, udah lama di Jogja tapi blom pernah liat acara Sekaten, banyak bule-bule pada dateng dengan kamera-kamera besar, masa yang di jogja blom pernah liat, ga lama kemudian ada tukang parkir manggil, "sini mas masih ada yang kosong" langsung motor saya masukkan ke tempat parkir. Ayem nemu tempat parkir.

mister juga ikut desak-desakkan


Ternyata banyak orang-orang dari luar kota yang udah dari kemaren dijogja, rata-rata mereka rombongan menggunakan mobil, ada yang pake truck, pick up dan pribadi. Setelah nunggu agak lama terdengar suara rame-rame dari tengah lapangan, ternyata gunungan-nya udah datang. Gunungan diarak dari keraton menuju Masjid Agung.

gunungan

Setelah gunungan masuk ke dalam Masjid, pintu gerbang langsung ditutup. Banyak orang-orang yang nunggu diluar. Saya juga di luar, kirain gunungannya bakal dibawa keluar dan buat rebutan di tengah alun-alun, ternyata di dalem Masjid udah banyak orang yang nunggu. Ternyata buat rebutan di dalem, wah rugi nih udah dateng kepanasan, nunggu lama, masa ga ikut ngrebut gunungannya. Mikir-mikir gimana yaaa? wiewien padahal pengin dapet benda yang ada di gunungan itu....

kepanasan


pintu masuk Masjid Agung

Langsung saya naik pagar pintu samping Masjid buat masuk, eh ternyata di belakang banyak juga yang ikutin aksi saya... hahaha. Nyampe dalem ternyata gunungannya udah ga ada bentuknya, yang kuat-kuat di bagian paling depan, yang tua-tua kena dorong sana-sini. saya nerobos masuk buat ngambil nasi tiwul, dapet banyak di tangan, eh ada ibu-ibu dibelakang mau minta, yaudah saya kasih ke dia semua. Terus saya ngrebut lagi dapat  tusukan berisi kacang panjang sama cabe... lucu bentuknya...

Setelah cape dan gunungannya abis, langsung pada keluar dari area Masjid. Setelah itu pulang deh,... tapi itu jadi pengalaman yang tak terlupakan. Tradisi yang dari dulu turun temurun harus dilestarikan. jogja memang istimewa...

hasil rebutan

Acara puncak peringatan Sekaten ini ditandai dengan Grebeg Muludan yang diadakan pada tanggal 12 (persis di hari ulang tahun Nabi Muhammad s.a.w.) mulai jam 8:00 pagi. Dengan dikawal oleh 10 macam (bregodo/kompi) prajurit Kraton: Wirobrojo, Daeng, Patangpuluh, Jogokaryo, Prawirotomo, Nyutro, Ketanggung, Mantrijero, Surokarso, dan Bugis, sebuah Gunungan yang terbuat dari beras ketan, makanan dan buah-buahan serta sayur-sayuan akan dibawa dari istana Kemandungan melewati Sitihinggil dan Pagelaran menuju masjid Agung. Setelah dido'akan Gunungan yang melambangkan kesejahteraan kerajaan Mataram ini dibagikan kepada masyarakat yang menganggap bahwa bagian dari Gunungan ini akan membawa berkah bagi mereka. Bagian Gunungan yang dianggap sakral ini akan dibawa pulang dan ditanam di sawah/ladang agar sawah mereka menjadi subur dan bebas dari segala macam bencana dan malapetaka.

0 komentar:

Posting Komentar